Thursday, August 18, 2011

Public Relations and I :)


Menjadi seorang Public Relations adalah salah satu hal yang menyenangkan selain kegemaran saya berkuliner (agak ga nyambung sih). Menggeluti profesi ini juga bukan disengaja, karena majoring pendidikan saya adalah Advertising, bukan Public Relations. Tapi karena sama2 didalam naungan jurusan Komunikasi, tetep aja jatuhnya ga terlalu berbeda….seperti akuntansi vs arsitek, misalnya. :D
Berawal dari tahun 2007, menjadi mahasiswa magang di PT. Petakumpet Creative Network, the most creative advertising agency di Jogja. 3 bulan setelah magang, “ditawari” menjadi Marketing Support. Pengennya sih menjadi karyawan seterusnya, tapi apa daya, skripsi saat bekerja itu terabaikan, alhasil setelah bekerja total 6 bulan, saya resign dari agensi yang sangat memberi saya pelajaran banyak itu..:’)
Laporan magang sudah selesai, skripsi dan wisuda sudah selesai, saatnya terjun (lagi) ke dunia kerja. Kebetulan (eh, ga ada yang kebetulan dink ya di dunia ini :D), klien dari Petakumpet salah satunya adalah Plaza Ambarrukmo. Jadilah saya “iseng” menanyakan apakah ada posisi yg cucok untuk seorang saya. Dan kebetulan (eh, salah lagi ya?), ada! Melamarlah saya, dan diterimalah saya, untuk Event & Promotions  nya. Usut punya usut (ini artinya apa sih sebenernya?), saya diarahkan menjadi Public Relations nya. Antara bengong, takut, berat, dan senang. Kayaknya sih perasaan yang paling terakhir yang paling bener :D
Cukup 2009 – 2010 saya berpeluh di Jogja (ini berlebihan skali kalimatnya). Tahun2 selanjutnya, saya melanglang buana mencari kenyamanan bekerja, sampai pada akhirnya sekarang terdampar di ibukota.. Dunia pekerjaan yang saya geluti memang sangat Public Relations sekali. Satu yang sangat melekat dalam diri saya adalah, menjadi Public Relations itu terkadang (catet loh.. Terkadang..) hanya dilihat pada saat ada masalah (di public ataupun management perusahaan kita). Entah itu misalnya pada saat perusahaan terkena masalah ini itu, pasti PR yang dicari untuk menjadi nara sumbernya, ditekan dengan pemberitaan ini inu, dan blablabla lainnya. Saya bisa kok memberi kesaksian mengenai ini, privately tapi, not clearly here… hehehe :p
Bertemu dengan orang-orang baru, dengan segala karakter, tipe, dan bahasa.. Bertemu dengan teman2 wartawan yang pekerjaannya memang sangat berat dalam mencari berita,..Bertemu dengan boss-boss yang terkadang (inget yah, ini terkadang…) menyebalkan, tapi lebih banyak yang menyenangkan. Banyak sekali pengalaman menarik sbg PR, walaupun tidak sedikit juga yang membuat lelah..Di saat deadline press conference di depan mata dan press release tak kunjung lengkap datanya..Di saat media gathering akan dilaksanakan dan data list wartawan hilang entah ke mana.
Public Relations... Not as easy as it seems and sounds like. PR is a front person of a Company, for showing dedication and build some good image between the Company and Public / Mass. PR should have capability to make a good relation with Mass Media :). I love being a PR as my job :)”- me.
 Thanks to these company who teach and treat me well as their Public Relations :) : Petakumpet Creative Network Jogja, Plaza Ambarrukmo Jogja, Teraskota BSD, Hot Air Balloon Bali, Pray For Indonesia, Horison Hotels Group, and don’t know what’s next :D

2 comments:

  1. Hello.. It's Grace here.. Nice to read your blog :)
    Btw currently i'm having my internship in a family restaurant with semi fine dining concept. Sometimes I feel PR is not really needed in F & B field :( Cause I spent most of my time doing something not important.

    Btw, would you like to share, what is your daily job description as a PR? Thank you so much

    Regards,

    Grace

    ReplyDelete
  2. Hi, there..
    Sorry for this late reply..

    According to my daily job description, PR is able to be involved in any area. We are able to communicate, make and build relationship with media, hotels, restaurant, lounge, etc, in order to promote our company with sponsorship or merchant program.

    Also PR able to handle social media, such as FB, Twitter, Blog, for spreading our programs to the public.

    For more info, do not hesitate to contact me, patimasangratu@gmail.com

    Thank you

    Ratu

    ReplyDelete